Tuesday, October 17, 2017

List of K-Drama I've Watched in 2017 [part 1]

Hi!

Sebelumnya, postingan mengenai daftar K-drama yang saya tonton sepanjang tahun 2017 akan dibagi menjadi 4 bagian (Januari - Maret, April - Juni, Juli - September, Oktober - Desember). Perlu diingat kalau saya tidak menonton semua drama yang tayang. Saya nonton K-drama berdasarkan sinopsis, trailer, daftar pemeran dan mood. Kalau gak mood,  mau sebagus apapun reviewnya, saya gak bakal nonton K-drama tersebut. Oh! Please beware, this will be a super long post. πŸ˜†

Nah, mari kita memulai postingan ini dengan curhatan dan keluh kesah terlebih dahulu~

Menonton drama dari Korea Selatan (K-drama) merupakan makanan sehari-hari saya saat ini. Yah, namanya juga pengangguran yang sedang saving money mode on, pilihannya hanya bisa berdiam diri di rumah, tidur, atau menonton K-drama untuk mengejar ketertinggalan selama 4 bulan akibat skripsian. Pokoknya keluar rumah kalau ada hal penting saja.

Ini efek skripsi juga sih. Serius, tabungan saya habis buat skripsian doang. Ngeprint, fotokopi, scan data, dan tetek bengek lainnya. Kalau dihitung, dari awal skripsi sampai penggandaan skripsi untuk sidang, tabungan saya habis ± Rp 900.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya sidang dan wisuda, beli kemeja putih, celana hitam, dan sepatu untuk sidang skripsi.

Beruntung rumah saya cukup nyaman, ditambah akses wi-fi yang kencang dan unlimited foods! Kalaupun tidak ada makanan, saya bisa pesan lewat Go-Food atau masak sendiri. Saya introverthomeperson dan heavy sleeper, jadi tak keluar rumah sebulan penuh dan tidur 20 jam non-stop pun tak masalah.

Saya mulai menonton K-drama sejak SMP, sambil menemani Mami Eyang (ibu dari ayah) yang sedang sakit kala itu. Indosiar merupakan salah satu saluran televisi nasional yang mendubbing dan menayangkan drama sageuk yaitu drama berlatar dinasti dan kerajaan di Korea zaman dahulu. Pada saat SMA, saya getol beli DVD K-drama bajakan, kadang pinjam punya kakak. Memasuki dunia perkuliahan, saya getol download ilegal HD K-drama yang satu episodenya bisa berukuran 900 MB - 1 GB lebih (kini semua drama sudah saya hapus karena terlalu memenuhi memori).

Pada akhir tahun 2016 hingga kini, saya lebih suka nonton streaming di VIU Indonesia, yaitu aplikasi streaming berbayar dengan subtitle English, Bahasa Indonesia, Bahasa Malaysia, dan Bahasa Mandarin; KissAsian atau My Asian TV yang paling cepat update dengan hardsub English; atau 123Drakor atau IndoXXI atau Ns21.me dengan hardsub Bahasa Indonesia. Sayang, Drama Fever tidak available di Indonesia. Saya juga sempat coba streaming di Viki, tetapi kemudian menyerah karena satu episode saja banyak banget iklannya. ☹️

Sejauh ini saya sudah menonton 33 judul drama di 2017. Jujur, saya lupa urutan K-drama yang saya tonton, jadi daftar ini akan berurutan sesuai dengan jadwal tayang perdana ya!~

===============================================================
 K-dramas airing in January 2017 
===============================================================


Naked Fireman 맨λͺΈμ˜ μ†Œλ°©κ΄€ poster from here.

Naked Fireman 맨λͺΈμ˜ μ†Œλ°©κ΄€
Romanisasi: Maenmomui Sobanggwan
Broadcast network: KBS2*
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)**
Periode siaran: 12 - 19 Januari 2017
Waktu tayang: Rabu dan Kamis pukul 22:00 KST***
Jumlah episode: 4 episode
Genre: action/drama/romance
Produksi: KBS Drama Production, Urban Works Media
Sutradara: Park Jin-Seok
Penulis: Yoo Jung-Hee
Casts: Lee Joon-Hyuk (Kang Chul-Soo), Jung In-Sun (Han Jin-A), etc.


Sinopsis: Kang Chul-Soo (Lee Joon-Hyuk) is an enthusiastic fireman. He poses as a nude model to make money for his sick friend. He is then targeted as the criminal of an arson-murder case that took place 10 years. Kang Chul-Soo and mysterious heiress Han Jin-A (Jung In-Sun) try to find the real culprit.

Komentar: Saya nonton ini karena tertarik dengan sinopsis dan jumlah episodenya. Untuk ukuran short drama, plot ceritanya cukup berat dan kompleks sih, ditambah banyaknya karakter yang muncul, tapi entah mengapa saya enjoy aja nontonnya. And yes, sesuai judulnya, kamu bakal sering lihat dada bidang milik Joon-Hyuk di drama ini! *ngeces πŸ€€

Lesson learned from this K-drama: Jangan terlalu percaya kepada orang lain ah! Mau itu pacar ataupun detektif sekalipun. Kadang orang yang kita percaya, bisa menusuk kita dari belakang~

===============================================================

Voice 보이슀 poster from here.

Voice 보이슀 
Romanisasi: Boiseu
Broadcast networkOCN*
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)
Periode siaran: 14 Januari - 12 Maret 2017
Waktu tayang: Sabtu dan Minggu pukul 22:00 KST
Jumlah episode: 16 + 2 special episode
Genre: thriller/crime/drama
Produksi: Content K
Sutradara: Kim Hong-Sun
Penulis: Ma Jin-Won
Casts: Jang Hyuk (Moo Jin-Hyuk), Lee Ha-Na (Kang Kwon-Joo), Baek Sung-Hyun (Sim Dae-Sik), Yesung (Oh Hyun-Ho), Son Eun-Seo (Park Eun-Soo), etc.



Sinopsis: Moo Jin-Hyuk (Jang Hyuk) was a popular detective who solved major cases, but after his wife was murdered by a serial killer his life spiraled down. He is filled with guilt that he was not able to protect his wife and he secretly looks for her killer.

Meanwhile, Kang Kwon-Joo (Lee Ha-Na) graduated at police academy with top marks. She began to work at an emergency 112 call center. Working there, a brutal murder case takes place and her father/police sergeant went to the crime scene. Her father is killed there and Kwon-Joo hears what happened over the phone.

Afterwards, she goes to the U.S. to study and comes back to Korea as a professional voice profiler. Detective Jin-Hyuk and Kang Kwon-Joo solve cases together. Chasing a serial killer responsible for the deaths of their family member.

Komentar: Sejujurnya, saya sangat menyesal baru menonton drama ini beberapa bulan kemudian. INI DRAMA BAGUS BANGET! Empat menit pertama pada episode perdana bikin saya langsung jatuh cinta dengan drama ini. Nonton drama ini kayak naik roller coaster, bikin jantung deg-degan terus.

Well, kalau kamu suka genre thriller dan crime dengan sedikit sentuhan kekerasan dan darah segar mengucur seperti saya, kamu pasti jatuh cinta sama drama ini. Percaya deh! Ini a well-made K-drama! πŸ‘

Lesson learned from this K-drama: Please, kalau lagi dalam keadaan terjepit, smartphone harus selalu disilent atau mode getar gitu. Hal sepele dan cukup basi kayak gini nih yang selalu jadi plot twist K-drama atau serial atau film. DEMI APAPUN SAYA KESAL DAN GREGETAN karena salah satu karakter pendukung mati gitu aja karena hal sepele ini. Duh!

===============================================================

My Shy Boss / Introverted Boss 내성적인 보슀 poster from here.

My Shy Boss / Introverted Boss λ‚΄μ„±μ μΈ 보슀 
Romanisasi: Naesungjukin Boseu
Broadcast network: tvN*
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)
Periode siaran: 16 Januari - 14 Maret 2017
Waktu tayang: Senin dan Selasa pukul 23:00 KST
Jumlah episode: 16 episode
Genre: romance/comedy/office/drama
Produksi: KBS Media, Introverted Boss SPC
Sutradara: Song Hyun-Wook
Penulis: Joo Hwa-Mi
Casts: Yeon Woo-Jin (Eun Hwan-Ki), Park Hye-Soo (Chae Ro-Woon), Yoon Park (Kang Woo-Il), Kong Seung-Yeon (Eun Yi-Soo), etc.




Sinopsis: Eun Hwan-Ki (Yeon Woo-Jin) is the CEO of a public relations company, but he is extremely shy. Due to his personality, even his employees do not know him well. Chae Ro-Woon (Park Hye-Soo) begins work at Eun Hwan-Ki’s company. She is very energetic and receives recognition for her work, but her only interest is in CEO Eun Hwan-Ki. She plans to reveal who Eun Hwan-Ki really is.

Komentar: Saat menonton drama ini, jangan heran jika kamu merasa seperti menonton spin-off dari drama Marriage Not Dating (tvN - 2014) yang berpadu dengan drama Another Miss Oh (tvN - 2016), karena ketiga drama ini disutradarai oleh orang yang sama. Naskah drama Marriage Not Dating dan My Shy Boss pun ditulis oleh penulis skenario yang sama. Ada juga beberapa pemain pendukung yang bermain di ketiga drama tersebut. Kalau kedua drama tadi termasuk drama favorit kalian, berarti kalian wajib nonton My Shy Boss.

Tapi sangat disayangkan, walaupun plotnya bagus, rating drama ini cukup rendah. Rencananya drama ini akan dibuat 20 episode, tetapi karena ratingnya rendah, akhirnya hanya dibuat 16 episode. Kalau di Korea Selatan, rating tayangan tuh segala-galanya sih. Macam dewa dalam dunia pertelevisian.

By the way, Yeon Woo-Jin is back! Saya suka banget sama aktor ini semenjak bermain di drama Divorce Lawyer in Love. Emang cocok banget deh Woo-Jin oppa berperan dalam drama rom-com kayak gini. And yes, the best thing in this drama was the kiss scene! πŸ’‹

Lesson learned from this K-drama: If you want to know how to kiss a girl although you're a introvert man, you should definitely watch this K-drama!



My Shy Boss / Introverted Boss OST

===============================================================

Ruby Ruby Love λ£¨λΉ„λ£¨λΉ„λŸ½ poster from here.

Ruby Ruby Love λ£¨λΉ„λ£¨λΉ„λŸ½ 
Romanisasi: Rubirubireob

Broadcast networkNaver TV Cast/OnStyle
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)
Periode siaran: 18 - 26 Januari 2017
Waktu tayang: Rabu dan Kamis
Jumlah episode: 5 episode (10-15 menit/episode, OnStyle: 50+ menit/1 episode)
Genre: webseries/fantasy/comedy/romance
Produksi: Bl!nk, OnStyle
Casts: Seo-Hyun (Lee Ruby), Lee Chul Woo (Won Suk), Lee Yi-Kyung (Na Ji-Suk), etc.



Sinopsis: The story follows Ruby Lee (Seo-Hyun), a genius young woman who suffers from sociophobia but comes across a magic ring that helps her become a successful jewelry designer.

Komentar: Jujur, saya nonton webseries ini untuk selingan aja. Ini cocok ditonton untuk orang-orang yang ingin selingan K-drama dengan cerita yang ringan dan biasa aja.

Lesson learned from this K-drama: Se-socialphobia-nya kamu terhadap dunia, kamu tetap harus punya kemampuan khusus yang dikuasai.


===============================================================

Missing 9 poster from here.

Missing 9 λ―Έμ”½λ‚˜μΈ 
Romanisasi: Missing Nain
Broadcast network: MBC*
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)
Periode siaran: 18 - 26 Januari 2017
Waktu tayang: Rabu dan Kamis pukul 22:00 KST
Jumlah episode: 16 + 2 special episode
Genre: suspense/mystery/disaster/comedy/drama
Produksi: SM C&C
Sutradara: Ashbun
Penulis: Han Jung-Hoon
Casts: Jung Kyoung-Ho (Seo Joon-Oh), Baek Jin-Hee (Ra Bong-Hee), Oh Jung-Se (Jung Ki-Joon), Choi Tae-Joon (Choi Tae-Ho), Lee Sun-Bin (Ha Ji-Ah), Chanyeol (Lee Yeol), Ryu Won (Yoon So-Hee), Kim Sang-Ho (Hwang Jae-Kook), Tae Hang-Ho (Tae Ho-Hang), etc.



Sinopsis: A plane that carries 47 passengers unexpectedly crashed and caused a widespread panic in South Korea due to also carrying 9 influential figures in the entertainment industry on board. They are personnel of the company, Legend Entertainment; celebrities Seo Joon-oh, Choi Tae-oh, Lee Yeol, Ha Ji-ah, Yoon Soo-hee, president Hwang Jae-guk, secretary Tae Ho-Hang, manager Jung Ki-joon and stylist Ra Bong-hee.

After 4 whole months, Bong-hee found herself unconscious by the sea in China, where she was successfully rescued and is the first survivor of the plane crash found. She was subsequently transported back to South Korea, where she had to provide limited aid to Investigation Commission of the plane crash incident due to her short-term memory loss.

During the period of time when Bong-hee tries to regain her memory, almost all of the 9 people return to South Korea successfully, turning out to have survived the plane crash as well. However, Bong-hee and the rest have to now fight against one of the survivors who is responsible for the murders that occurred back in the island the survivors were living on and also the Head of the Investigation Commission, Jo Hee-kyung, who is only concerned about public sentiment instead of the truth

Komentar: Hal pertama yang saya notice adalah pemilihan warna wardrobe pada drama ini. Saya suka banget! Awalnya seperti warm clean nude gitu, setelah kecelakaan berubah jadi dirty nude. Saat sedang survive, berubah perlahan menjadi warna-warni. Pokoknya pemilihan wardrobenya mantap!

Dengan banyaknya plot twist yang bertebaran, saya yakin kamu akan megap-megap, gregetan, deg-degan, sedih sekaligus tertawa saat menonton drama ini. Semua unsur tercampur dan tersaji dengan sangat baik. Menurut saya, kemistri antara karakter Seo Joon-Oh dan Ra Bong-Hee gak bisa dibilang romantis sih. Jelas ini drama menghadirkan ketegangan dan misteri yang perlu kalian pecahkan bersama Bong-Hee. Jadi kalau mau cari drama romantis, kamu gak akan menemukannya di drama ini. Well, ada kissing scene sih tapi bukan antara karakter utama dan itupun gitu aja.

Tapi ada satu hal yang patut diapresiasi, adalah bagaimana Choi Tae-Joon memerankan karakter Choi Tae-Ho dengan sangat baik. Sampai rasanya mau saya tonjok atau tampar kalau ketemu karakter Choi Tae-Ho di dunia nyata. Good job, oppa!

Lesson learned from this K-drama: Kamu (sepertinya) bakal banyak belajar bagaimana bertahan hidup di alam liar terbuka bersama Bong-Hee dalam drama ini.


Missing 9 OST

===============================================================

Defendant poster from here.

Defendant ν”Όκ³ μΈ 
Romanisasi: Pigoin
Broadcast network: SBS*
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)
Periode siaran:  23 Januari - 21 Maret 2017
Waktu tayang: Senin dan Selasa pukul 22:00 KST
Jumlah episode: 18 episode
Genre: legal drama/thriller
Produksi: Signal Entertainment Group, The Story Works
Sutradara: Jo Young-KwangJung Dong-Yoon
Penulis: Choi Soo-Jin, Choi Chang-Hwan
Casts: Ji Sung (Park Jung-Woo), Uhm Ki-Joon (Cha Min-Ho dan Cha Sun-Ho), Kwon Yuri (Seo Eun-Hye), Oh Chang-Suk (Kang Joon-Hyuk), Uhm Hyun-Kyung (Na Yeon-Hee), etc.



Sinopsis: Park Jung-Woo (Ji Sung) is a prosecutor at Seoul Central District Prosecutors' Office. One day, he wakes up and finds himself in locked up at the police station. He has temporary amnesia. Park Jung-Woo is falsely accused and is sentenced to death. He must struggle to prove his innocence.

Komentar: Sejujurnya hati kecil saya berkata untuk gak menonton drama ini, karena drama yang tayang di SBS kadang "untung-untungan"; ada yang plotnya bagus banget tapi ya gitu deh. Tapi pada akhirnya saya tetap menonton drama ini sebagai selingan drama lainnya. Dan hmm... sudah kuduga! Walaupun plotnya bagus, drama 18 episode ini terlalu bertele-tele dalam penyampaiannya. Padahal bisa dipersingkat menjadi 16 episode lho! Tapi ya sudahlah, udah selesai ditonton ini. πŸ˜•

Pada episode 11, saya seperti sedang menonton serial documentary-drama National Geographic Channel yang berjudul Breakout tapi yang ini versi Korea Selatan.

Lesson learned from this K-drama: Terkadang, keluargamu pun bisa menjadi orang yang paling tidak dekat denganmu atau malah bisa menjadi orang yang paling jahat yang pernah kamu kenal dan temui.

===============================================================

The Universe's Star poster from here.


The Universe's Star μš°μ£Όμ˜ 별이 (Three Color Fantasy series: White)
Romanisasi: Woojooui Byuli
Broadcast network: MBC
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)
Periode siaran: 26 Januari - 9 Februari 2017
Waktu tayang: Kamis pukul 23:00 KST
Jumlah episode: 3 episode
Genre: romance, fantasy
Produksi: MBC, Naver
Sutradara: Kim Ji-Hyun
Penulis: Kim Ji-Hyun
Casts: Suho (Woo-Joo), Ji-Woo (Byul-Yi), etc.



Sinopsis: Story revolves around the romance between Woo-Joo (Suho) and Byul (Ji-Woo). Woo-Joo is a gifted singer-songwriter and Byul is an angel of death.

Komentar: Tadinya saya gak mau nonton drama ini karena gak terlalu tertarik dengan sinopsisnya. Tapi pada akhirnya nonton juga saking gak punya kerjaan. Warning! Episode terakhir super ngeselin karena bikin saya nangis terisak-isak gak karuan! πŸ˜­


Lesson learned from this K-drama: Kadang cinta itu butuh pengorbanan~


===============================================================
 K-dramas airing in February 2017 
===============================================================

Tomorrow With You poster from here.

Tomorrow With You 내일 κ·ΈλŒ€μ™€ 
Romanisasi: Naeil Geudaewa
Broadcast network: tvN
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)
Periode siaran: 3 Februari - 25 Maret 2017
Waktu tayang: Jumat dan Sabtu pukul 20:oo KST
Jumlah episode: 16 episode
Genre: fantasy/romance
Produksi: Celltrion Entertainment
Sutradara: Yoo Je-Won
Penulis: Heo Sung-Hye
Casts: Shin Min-A (Song Ma-Rin), Lee Je-Hoon (Yoo So-Joon), etc. 



Sinopsis: The story revolves around Yoo So-Joon (Lee Je-Hoon), a CEO of a real estate company, who has the ability to travel through time via a subway; and his wife, Song Ma-Rin (Shin Min-A), who works as a photographer. So-Joon foresees his future-self living miserably so he decides to marry Ma-Rin in order to avoid that fate. As time passes, he learns to love her selflessly.

Komentar: Keparat! Saya sedih banget nontonnya. Ini salah satu drama yang bikin penonton ikutan ngilu, sakit hati, sedih sekaligus gregetan. Gak tau harus berkomentar apa lagi saking speechlessnya. POKOKNYA KALIAN HARUS NONTON DRAMA INI! Recommended K-drama! A well-made drama! πŸ‘


Lesson learned from this K-drama: Kalimat "jalanin aja dulu, siapa tau jodoh" dan "berbohong demi kebaikan orang lain" mungkin paling tepat untuk mendeskripsikan drama ini. πŸ‘Œ


===============================================================

Romance Full of Life poster from here.

Romance Full of Live μƒλ™μ„± μ—°μ•  (Three Color Fantasy series: Green)
Romanisasi: Saengdongsung Yeonae
Broadcast network: MBC
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)
Periode siaran: 16 Februari - 2 Maret 2017
Waktu tayang: Kamis pukul 23:00 KST
Jumlah episode: 3 episode
Genre: romance/fantasy
Produksi: MBC, Naver
Sutradara: Park Sang-Hun
Casts: Yoon Si-Yoon (So In-Sung), Jo Soo-Hyang (Wang So-Ra), etc. 

SinopsisIn-Sung (Yoon Si-Yoon) has prepared for the examination to become a police officer for 4 years. He has failed the exam 8 times, but he still has a positive personality. He then applies for the high pay part-time job which is titled "Experiment Full of Life."

Komentar: Again, tadinya saya gak mau nonton drama ini, tapi pada akhirnya nonton juga saking gak punya kerjaan. Sejujurnya, sejak drama Bread, Love and Dreams (KBS2 - 2010), saya gak pernah nonton drama Yoon Si-Yoon lagi. Menurut saya, dramanya biasa aja ah. πŸ™„


Lesson learned from this K-drama: Percaya dan jujur kepada diri sendiri mungkin adalah hal terbaik yang pernah dilakukan oleh manusia.

===============================================================

Strong Woman Do Bong-Soon νž˜μŽˆμ—¬μž λ„λ΄‰μˆœ poster from here.

Strong Woman Do Bong-Soon νž˜μŽˆμ—¬μž λ„λ΄‰μˆœ 
Romanisasi: Himssenyeoja Dobongsoon
Broadcast network: JTBC
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)
Periode siaran: 24 Februari - 15 April 2017
Waktu tayang: Jumat dan Sabtu pukul 23:00 KST
Jumlah episode: 16 + 1 special episode
Genre: romantic/comedy/fantasy/thriller/action
Produksi: Drama House, JS Pictures
Sutradara: Lee Hyeong-Min
Penulis: Baek Mi-Kyeong
Casts: Park Bo-Young (Do Bong-Soon), Park Hyung-Sik (Ahn Min-Hyuk), Ji Soo (In Guk-doo), etc.


Sinopsis: Bong-Soon (Park Bo-Young) was born with superhuman like strength. Her strength is hereditary and passed along only to the women in her family. Her dream is to create a video game with herself as the main character. One day, Bong-Soon helps out a bus driver who is being attacked by a thug. Soon, a small mob of thugs attack Bong-Soon, but she is easily able to wipe the floor with them. During this time, Min-Hyuk (Park Hyung-Sik) drives up to the scene of Bong-Soon beating up the group of thugs.

Min-Hyuk is the CEO of video gaming company Ainsoft. He has recently received anonymous threats and even followed by an unknown person. Min-Hyuk believes Bong-Soon would make a great bodyguard with her amazing strength. Besides offering Bong-Soon high pay, he even offers her the chance of working in the planning department of his gaming company if she does well.

Meanwhile, crimes against women take place in the neighborhood where Bong-Soon lives. Detective Kook-Doo (Ji Soo) also lives in the same neighborhood. They have been friends since they were kids. Bong-Soon is also madly in love with him, but he has a girlfriend. Kook-Doo tries to solve the case and Bong-Soon and Min-Hyuk are pulled in.

Komentar: Super hillarious! Si imut eonnie Bo-Young gak pernah mengecewakan sih. WAJIB TONTON POKOKNYA! πŸ‘


Lesson learned from this K-drama: Seaneh apapun dirimu, kalau kamu rupawan/rupawati, kamu pasti dapat jodoh. Sekian. πŸ˜‚

===============================================================

Ms. Perfect / Perfect Wife μ™„λ²½ν•œ μ•„λ‚΄ poster from here.

Ms. Perfect / Perfect Wife μ™„λ²½ν•œ μ•„λ‚΄
Romanisasi: Wanbyukhan Anae
Broadcast network: KBS2
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)
Periode siaran: 27 Februari - 2 Mei 2017
Waktu tayang: Senin dan Selasa pukul 22:00 KST
Jumlah episode: 20 episode
Genre: mystery/woman/comedy
Produksi: Ms. Perfect SPC, KBS Media
Sutradara: Hong Seok-Ku
Penulis: Yoon Kyung-Ah
Casts: Ko So-Young (Sim Jae-Bok), Yoon Sang-Hyun (Koo Jung-Hee), Cho Yeo-Jeong (Lee Eun-Hee), Sung Joon (Kang Bong-Goo), etc.

Sinopsis: Story of Shim Jae-Bok (Ko So-Young), a middle-aged married woman who gets involved in the mysterious death of Jung Na-mi (Im Se-Mi). Mystery starts unfolding in the life of Jae-bok and she rediscovers love in another person.

Komentar: Pernah nonton reality show My Crazy Ex yang tayang di channel Lifetime? Kalau pernah, mungkin kamu akan suka dengan drama satu ini. Honestly, saya tertarik menonton drama ini karena ceritanya 11-12 dengan reality show My Crazy Ex ini. Rasanya "senang" lihat karakter wanita yang rada-rada psikopat dalam K-drama. Yeo-Jeong eonnie juara sih akting psikopatnya. Jjang banget! πŸ‘

Lesson learned from this K-drama: Kadang rumput tetangga memang lebih hijau dari rumput sendiri, tapi yakinlah, yang terbaik adalah rumput yang sudah kita miliki dan rawat sejak lama. Walaupun sekarang melayu, jangan dibuang. Niscaya kamu akan menyesal belakangan nantinya.

===============================================================
 K-dramas airing in March 2017 
===============================================================

Queen of the Ring λ°˜μ§€μ˜ μ—¬μ™• poster from here.

Queen of the Ring λ°˜μ§€μ˜ μ—¬μ™• (Three Color Fantasy series: Gold)
Romanisasi: Banjiui Yeowang
Broadcast network: MBC
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)
Periode siaran: 9 - 23 Maret 2017
Waktu tayang: Kamis pukul 23:00 KST
Jumlah episode: 3 episode
Genre: romace/fantasy
Produksi: MBC, Naver
Sutradara: Kwon Sung-Chan
Penulis: Kim A-Jung
Casts: Kim Seul-Gi (Mo Nan-Hee), Ahn Hyo-Seop (Park Se-Gun), Yoon So-Hee (Kang Mi-Joo), Lee Tae-Sun (Byun Tae-Hyun), etc.

Sinopsis: Nan-Hee (Kim Seul-Gi) is ugly and this has influenced her to become mean. She doesn't in live. One day, she receives a ring which holds a family secret. Se-Gun (Ahn Hyo-Seop) is handsome, but he has a cold-blooded personality. Due to the magic of the ring, he declares Nan-Hee as his ideal woman with a beautiful appearance.

Komentar: Woooh! My favorite actress, Kim Seul-Gi is back! Saya nonton ini karena Seul-Gi aja. Plotnya sih lumayan lah. Karena cuma 3 episode, silahkan ditonton.


Lesson learned from this K-drama: Sejelek apapun dirimu, di dalam dramaworld, kamu akan tetap dapat jodoh. Sekian.

===============================================================

Radiant Office μžμ²΄λ°œκ΄‘ μ˜€ν”ΌμŠ€ poster from here.

Radiant Office μžμ²΄λ°œκ΄‘ μ˜€ν”ΌμŠ€ 
Romanisasi: Jachebalgwang Opiseu
Broadcast network: MBC
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)
Periode siaran: 15 Maret - 4 Mei 2017
Waktu tayang: Rabu dan Kamis pukul 22:00 KST
Jumlah episode: 16 episode
Genre: romantic/comedy/workplace drama
Produksi: MBC Drama Production Division
Sutradara: Jung Ji-In, Park Sang Hoon
Penulis: Jung Hwe-Hyun
Casts: Go Ah-Sung (Eun Ho-Won), Ha Seok-Jin (Seo Woo-Jin), Lee Dong-Hwi (Do Ki-Taek), Kim Dong-Wook (Seo Hyun), Hoya (Jang Kang-Ho), etc.



Sinopsis: 
Eun Ho-won (Go Ah-Sung) faces repeat rejections in her job search until despair drives her to attempt suicide. At the hospital, she learns she might be terminally-ill, but then at the same time, she also finally succeeds in getting hired. Thinking she has nothing to lose, she tackles her job and life with new perspectives. Her superior at work, Seo Woo-jin (Ha Seok-Jin), considers her a pain in the neck. They become a bickering pair.

Komentar: Jujur, saya nonton drama ini hanya untuk melihat Hoya dan Lee Dong-Hwi. Tapi saya cukup takjub dengan side story perjalanan persahabatan antara Ah-Sung, Hoya, dan Dong-Hwi yang ditulis dengan baik. Sayangnya saya tidak terlalu sreg dengan cerita percintaan Ah-Sung dan Seok-Jin. Tapi tetep sih, kiss scene Seok-Jin juara. Meleleh aku, bang! πŸ€€


Lesson learned from this K-drama: Sabahat bisa ditemukan pada saat yang paling buruk sekalipun.

===============================================================

Tunnel 터널 poster from here.

Tunnel ν„°λ„
Romanisasi: Teoneol
Broadcast network: OCN
Klasifikasi: 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€)
Periode siaran: 25 Maret - 21 Mei 2017
Waktu tayang: Sabtu dan Minggu pukul 22:00 KST
Jumlah episode: 16 episode
Genre: thriller/crime/time travel
Produksi: The Unicorn
Sutradara: Shin Yong-Hwi, Kim Kyung-Chul, Kim Sung-Min
Penulis: Lee Eun-Mi
Casts: Choi Jin-Hyuk (Park Gwang-Ho), Yoon Hyun-Min (Kim Sun-Jae), Lee Yoo-Young (Shin Jae-Yi), Jo Hee-Bong (Jeon Sung-Sik), etc.



Sinopsis: In 1986, Detective Park Gwang-Ho (Choi Jin-Hyuk) desperately tries to catch a serial killer. He chases after the serial killer and goes through a tunnel. On the other side of the tunnel, Detective Park Gwang-Ho finds himself in the year 2017. The serial killer has resumed the killings that began 30 years ago. Detective Park Gwang-Ho works with Detective Kim Sun-Jae (Yoon Hyun-Min) and Professor of Criminal Psychology Shin Jae-Yi (Lee Yoo-Young) to catch the killer.

Komentar: Akhirnya Choi Jin-Hyuk ahjussi balik lagi! Saya jatuh cinta dengan akting Jin-Hyuk setelah menonton drama Emergency Couple (2014), dan itu adalah drama terakhir Jin-Hyuk yang saya tonton. Jujur, saya nonton drama ini cukup hopeless dan sedih, apalagi ketika adegan Gwang-Ho yang pergi ke masa depan dan tidak bisa bertemu dengan isterinya lagi. Ya Tuhan, ini sedih maksimal! Overall, saya suka plotnya dan saya jadi suka Yoon Hyun-Min berkat drama ini.

Lesson learned from this K-drama: Semua pertanyaan memiliki jawaban. Jika tak tau, dicari hingga ketemu. Sekian.


===============================================================
Note:

*
KBS1/KBS2 = Korean Broadcasting System
MBC = Munhwa Broadcasting Corporation
SBS = Seoul Broadcasting System
tvN = Total Variety Network
OCN = Orion Cinema Network

**
KST = Korea Standard Time

***
Jika Indonesia memiliki Lembaga Sensor Film (LSF), Korea Selatan memiliki Korea Media Rating Board (μ˜μƒλ¬Ό λ“±κΈ‰ μœ„μ›νšŒ) yang membagi film berlisensi ke dalam beberapa klasifikasi berikut: All (전체 κ΄€λžŒκ°€) – Tayangan untuk semua umur; 12 (12μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€) – Ditujukan untuk pemirsa umur 12+. Pemirsa di bawah umur  harus didampingi orang tua atau wali; 15 (15μ„Έ 이상 κ΄€λžŒκ°€) – Ditujukan untuk pemirsa umur 15+. Pemirsa di bawah umur  harus didampingi orang tua atau wali; R (μ²­μ†Œλ…„ κ΄€λžŒλΆˆκ°€) – Khusus pemirsa 18+. Pemirsa di bawah umur tidak diizinkan menonton film/drama ini; dan Restricted Screening (μ œν•œμƒμ˜κ°€) – Film/drama dengan klasifikasi ini membutuhkan pembatasan tertentu dalam screening atau iklan karena dianggap memiliki pengaruh yang sangat buruk terhadap martabat manusia, nilai sosial dll karena adegan telanjang, kekerasan, dan lain-lain yang terkandung di dalamnya (secara teknis bukan batasan usia tapi film/drama dengan rating ini hanya dapat diputar di bioskop "dewasa", dengan usia 19+).

No comments:

Post a Comment