Monday, October 28, 2013

Kenakalan Remaja di Era Informatika

Ingat berita tentang video mesum murid SMPN 4 Jakarta yang tersebar via BBM (dan sekarang masih menjadi topik hangat di kalangan masyarakat)?

Sebenarnya kelakuan mereka yang seperti ini sudah terjadi dari dulu. 

Bedanya dengan sekarang adalah ketika teknologi memudahkan segalanya; mengabadikan sesuatu yang tidak seharusnya diabadikan. Yang langsung bisa di share secepat kedipan mata di media sosial seperti YouTube, Facebook, Twitter, dsb.

Hahaha... Gak percaya? Waktu saya SMP (tahun 2007-an) teman saya ciuman dengan mesra di depan saya dan teman-teman saya yang lainnya. Waktu itu kami tidak punya handphone canggih berkamera. Handphone kami benar-benar jadul sekali. Jadi kami tidak bisa merekam moment itu.

Kalau sekarang?

Bisa dibayangkan sendiri. Sudah bisa dipastikan ada puluhan, bahkan ratusan video mesum buatan amatir itu. Coba cek YouTube, pasti banyak sekali.

Itu efek buruk dari sebuah teknologi yang di salah gunakan.

Gimana cara mencegahnya?

Saya sih gak tau pasti gimana cara mencegahnya. Tidak membelikan gadget-gadget canggih kepada anak-anak, mungkin. Tapi gak mungkin juga ya. Anak balita zaman sekarang saja sudah mempunyai gadget-gadget canggih, masa yang sudah remaja tidak bisa mempunyai gadget-gadget canggih sih?

Yah... Begitulah.

*play lagu Efek Rumah Kaca - Kenakalan Remaja di Era Informatika*

@theaarbar

No comments:

Post a Comment