Tuesday, July 26, 2011

Kisah Legenda Kuliner Nusantara

Saya termasuk orang yang suka makan. Dari masakan rumah sampai junk food.

Tapi sekarang saya jarang memakan junk food, selain karena harganya yang lumayan untuk kantong anak SMA, junk food juga tidak terlalu baik bagi kesehatan dan memakan junk food tidak lah membuat kenyang perut. Kalau pun kenyang pasti hanya kenyang semu.

Saya suka banget masakan rumah. Apalagi buatan Uwa saya. Beliau banyak membuat makanan yang mempunyai Kisah Legenda Kuliner Nusantara. Diantaranya; Semur, Rendang, Sayur Asem, Soto Bandung dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini saya mau bicara soal Rendang.

Rendang, di rumah saya, mungkin sudah menjadi makanan wajib akhir minggu. Pokoknya setiap minggu selalu masak Rendang deh.

Oiya, keluarga saya bukan orang Minangkabau kok. Keluarga saya orang Sunda tapi suka banget masakan yang berbumbu kayak Rendang. Makanya makanan wajib diakhir minggu pasti Rendang yang mempunyai banyak bumbu didalam masakannya.

Saya gak pernah bosan untuk makan Rendang. Bumbunya yang berempah dan waktu pembuatannya yang cukup lama membuat dagingnya empuk dan membuat bumbunya meresap sampai kedalam dagingnya.

Oiya, sekitar bulan Juni kemarin, Kecap Bango mengadakan Festival Jajanan Bango 2011 di Lapangan Merpati, Depok.


Saya sebagai penikmat makanan (terutama makanan yang mempunyai Kisah Legenda Kuliner Nusantara) tidak mau ketinggalan untuk datang. Disana sangat ramai. Ramai oleh penikmat makanan yang ingin menyantap makanan yang mempunyai Kisah Legenda Kuliner Nusantara.

Stand-stand selalu penuh dengan antrian mereka yang ingin memanjakan lidahnya dengan makanan-makanan yang mempunyai Kisah Legenda Kuliner Nusantara.

Eh, Kisah Legenda Kuliner Nusantara apa sih? Dari tadi itu mulu yang diomongin.

Menurut saya, Kisah Legenda Kuliner Nusantara adalah makanan yang turun-temurun dari nenek moyang, dengan cara pembuatannya yang selalu sama. Yang selalu membutuhkan waktu lama untuk membuatnya.


Lalu di Festival Jajanan Bango 2011, ada apa saja makanan yang mempunyai Kisah Legenda Kuliner Nusantara?

Ada banyak banget. Saya gak menghitungnya. Saya di sana makan terus. Dari Sate Kelinci, Ayam Tulang Lunak, Rujak Juhi sampai Kerak Telur.Pokoknya Festival Jajanan Bango 2011 kemarin sudah seperti surga-nya penikmat makanan. Makanan yang mempunyai Kisah Legenda Kuliner Nusantara tentunya.

Harusnya kita bangga dengan kuliner-kuliner yang ada di Indonesia. Selain enak, makanan-makanan di Indonesia juga mempunyai Kisah Legenda Kuliner Nusantara. Salah satunya Semur yang saya lihat di Kampung Bango yang ada di Festival Jajanan Bango 2011 kemarin.

Sebagai generasi penerus, yuk kita banggain kuliner-kuliner kita. Jangan sampai makanan-makanan yang enak dan mempunyai Kisah Legenda Kuliner Nusantara itu diambil oleh negara lain.

Mari kita banggakan Kisah Legenda Kuliner Nusantara, agar semua negara tahu kalau Indonesia adalah 'gudangnya' makanan enak yang mempunyai Kisah Legenda Kuliner Nusantara.

No comments:

Post a Comment