Friday, July 22, 2011

Tempat Kursus

Kali ini gue mau bicara soal tempat kursus.

Apa sih yang bikin lo mau kursus?

Teman?

Kalau jawaban lo cuma teman, mending gak usah kursus. Apalagi kalau yang udah kelas 3 SMP dan 3 SMA.

Ya gini aja, buat apa lo kursus cuma karena teman. Eh, maksud gue, lo mau kursus kalau ada teman-teman lo. Gue terkadang mikir, ada satu tempat kursus dan teman-teman gue pada daftar di sana. Gue sempat nanya sama teman gue yang les di sana.

"Yang kursus di sana siapa aja?"

"Banyak banget, The. Lo kursus di sana aja banyak anak-anak kok."

Gue mulai berpikir...

"Satu kelas berapa anak?"

"30 anak."

Heh? Gak salah tuh? 30 anak sama aja gue belajar di sekolah. Kalau begitu, gak ngaruh dong kalo kursus. Terlalu banyak murid dalam kelas malah bikin hilang konsentrasi.

Gue sih sebenarnya udah kursus di tempat yang satu kelas cuma berisikan 15 anak. Gue akan lebih gampang berkonsentrasi. Teman? Kenalan kan bisa. Nyari teman yang banyak. Gue lebih suka yang kayak gitu.

Yah... Saran gue sih kalau mau les carilah tempat yang bikin lo bisa konsen sama pelajaran yang mau di UN-kan. Teman? Bisa di cari kalau di tempat kursus. Kapan-kapan gue kasih trik-nya cari teman di tempat les (sok-sokan, padahal gue orang termasuk introvert).

No comments:

Post a Comment